indonesia

indonesia

Minggu, 30 Januari 2011

MASA PEMERINTAHAN ABU BAKAR AS-SYIDIQ DAN UMAR BIN KHOTOB

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Sejarah mencatat, bahwa sepeninggalnya nabi Muhammad SAW beliau digantikan oleh keempat sahabat terdekat, yakni: abu bakar, umar bin khotob, usman bin affan, dan ali bin abi tolib. Mereka dikeal dengan khulafaurrosidin yang berarti para kholifah yang mendapatkan petujuk dari Allah. Sebagaimana diketahui bahwa nabi muhammad SAW, mempunyai peran ganda, disamping menjadi nabi dan rasul beliau juga sebagai kepala negara pada saat itu. Setelah beliau wafat maka peran beliau sebagai nabi dan rasul tidak digantikan untuk selama-lamanya sebab seuai dengan keimanan islam beliau adalah rasul yang terakhir dan gelar kerasulan ini merupakan otoritas tuhan.
Namun sebagai kepala negara dimana didalamnya melakat baik tugas keagamaan maupun politik, perlu digantikan oleh seorang pengganti yang dalam bahasa arab disebut kholifah. dengan adanya pernyataan tersebut kami akan membahas tentang perkembangan sistem kemasyarakatan pada waktu khulafaurasidin dengan tujuan mengetahui bagaimana bentuk kekholifahan pada masa abu bakar dan umar bin khotob.

B.Rumusan Masalah
Adapun untuk membatasi pembahasan, kami menetapkan rumusan masalah sebagai berikut:
1.Bagaimanakah proses pengangkatan kholifah abu bakar dan umar bin kotob?
2.Bagaimanakah gaya kepemimpinan pada masa abu bakar dan umar?
3.Apa sajakah prestasi yang dicapai oleh kholifah abu bakar dan umar.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Proses pengangkatan kholifah abu bakar dan umar bin khotob.
1.Abu bakar
Setelah Nabi Muhammad SAW wafat, pemuka-pemuka Islam mengalami kebingungan karena mereka sama sekali belum siap kehilangan pemimpin, sahabat dan pembimbing yang nereka cintai, sehingga kaum ansor segera bermusyawarah untuk mencari pengganti Rasulullah SAW yaitu di syaqifah bani sya’idah sebuah tempat pertemuan dan musyawarah penduduk madinah yang dipimpin oleh sa’at bin ubadah, setelah mengetahui pertemuan itu beberapa tokoh muhajirin yaitu abu bakar, umar bin khotob dan abu ubaidah bin jarrah segara menuju ke syaqifah bani syaidah. Ketika para tokoh muhajirin sanpai disana kaum ansor disyaqifah hampir berepakat untuk membai’at saatbin ubadah menjadi khoifah. Mereka bahkan meminta para tokoh muhajirin untuk segara membaiat saat bin ubadah namun abu bakar menolaknya dengan tegas.
Abu bakar mengatakan kepada kaum ansor bahwa jabatan kholifah semestinya diberikan kepada kaum muhajirin sebab mereka yang dulu masuk islam. Kaum muhajirin juga yang selama 13 tahun membantu nabi muhammad mempertahankan islam dari gangguan kafir quroisy di mekah. Tentu saja kaum ansor tidak bisa membantah penyataan abu bakar mereka ingat sebelum para nabi dan para sahabatnya dari mekah mengajak mereka masuk islam mereka terlibat perang saudara yang berlarut-larut.
Lagi pula para sahabat nabi terbaik dan yang pantas menggantikan kedudukan nabi memimpin kaum muslim memang berasal dari kaum muhajirin. Setelah terjadi perdebatan sengit antara kaum Anshar dan kaum Muhajirin, akhirnya terpilihlah sahabat Abu Bakar sebagai Khalifah, artinya pengganti Rasul SAW yang kemudian disingkat menjadi Khalifah atau Amirul Mu’minin.
2.Umar bin khotob
Umar bin Khtttab adalah salah seorang sahabat nabi dan khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar As-Sidiq. Jasa dan pengaruhnya terhadap penyebaran Islam sangat besar hingga Michael H. Heart menempatkannya sebagai orang paling berpengaruh sedunia sepanjang masa.
Beliau lahir di Mekah dari Bani Adi, salah satu rumpun suku Quraisy dengan nama lengkap Umar bin Khattab bin Nafiel bin abdul Uzza. Keluarga Umar tergolong keluarga kelas menengah, ia bisa membaca dan menulis yang pada masa itu merupakan sesuatu yang jarang. Umar juga dikenal karena fisiknya yang kuat dimana ia menjadi juara gulat di Mekkah.

Pada masa Abu Bakar menjabat sebagai khalifah, Umar merupakan salah satu penasehat kepalanya. Kemudian setelah meninggalnya Abu Bakar pada tahun 634, atas wasiat Abu Bakar Umar ditunjuk menggantikannya namun demikian sebelum menentukan orang yang akan menggantinya abu bakar minta penilaian para sahabat besar mengenai umar, ia bertanya kepada abdurrahman bin ‘auf, usman bin affan, sa’id bin zaid dan para sahabat lain dari golongan mihajirin dan ansyor, sehingga disetujui oleh seluruh perwakilan muslim saat itu, bahwa umar terpilih menjadi kholifah pengganti abu bakar.
B.Gaya kepemimpinan pada masa abu bakar dan umar bin khotob
1.Abu bakar
Abu bakar adalah seorang dermawan yang lemah lembut namun demikian sebagai seorang pemimpin disaat tertentu dia bisa bersikap tegas. Pada saat demikian , dia tidak pernah ragu untuk bersikap tegas misalnya dia bersikeras untuk meneruskan mengirimkan usamah bin haritsah ntuk menyerang syam, padahal saat itu kondisi umat islam belum pulih yang disebapkan karena kematian rasullalah sangat mengguncang umat islam.
Beberapa sahabat bahkan sempat tidak menyetujuipengiriman usamah tersebut, tetapi abu bakar berskeras untuk mengirimkannya hal itu dilakukan demi untuk meneruskan usaha yang teah dirintis oleh rasulallah, abu bakar juga bersitegas ketika ketegasan diperlukan demi mempertahankan islam. Misalnya dia bersikeras untuk memerangi para nabi-nabi palsu, kaum murtad, dan kaum yang enggan membayar zakat.
2.Umar bin khotob
Dalam keseharian sifat umar berbeda dengan abu bakar, bahkan bisa berkebalikan. Bila Abu Bakar pada dasarnya seorang yang lemah lembut, umar adalah seorang yang keras dan tegas. Karena ketegasan dan kekerasannya membedakan yang benar dan yang salah umar mendapatkan julukan al-faruq yang artinya pembeda antara yang benar dan yang salah. Bahkan dia pernah menghukum anaknya sendiri karena meminum khomr. Pada kholifah umar ketegasan pelaksanaan hukum harus dikenakan terhadap siapapun tanpa pandang bulu.
Namun demikian sama seperti abu bakar kholifah umar juga seorang pemimpin yang sederhana dia tidak mau bermawah-mewahan sebagai penguasa ia tetap hidup sebagaimana saat para pemeluk Islam masih miskin dan dianiaya sebenarnya dia bisa harta kekayaan yang diperoleh kaum muslimin dari penaklukan persia, syam, dan mesir digunakan untuk kesejahtaraan umat islam. Selama masa jabatannya, khalifah Umar amat disegani dan ditakuti negara-negara lain. Kekuatan Islam maju pesat, mengambil alih Mesopotamia dan sebagian Persia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia (yang mengakhiri masa kekaisaran sassanid) serta mengambil alih Mesir, Palestina, Syria, Afrika Utara dan Armenia dari kekaisaran Romawi (Byzantium). Pada sekitar tahun ke 17 Hijriah, tahun keempat kekhalifahannya, Umar mengeluarkan keputusan bahwa penanggalan Islam hendaknya mulai dihitung saat peristiwa hijrah.
Umar syahid setelah ditikam oleh Abu Lukluk, seorang budak asal Persia yang dendam atas kekalahan Persia terhadap Islam pada suatu subuh saat Umar sedang mengerjakan shalat. Umar meninggal pada 25 Dzulhijjah 23 H dan selanjutnya digantikan oleh Utsman bin Affan.
C.Prestasi yang dicapai oleh kholifah abu bakar dan umar bin khotob
1.Abu bakar
Abu Bakar bukan hanya dikatakan sebagai Khalifah, namun juga sebagai penyelamat Islam dari kehancuran karena beliau telah berhasil mengembalikan ummat Islam yang telah bercerai berai setelah wafatnya Rasulullah SAW. Disamping itu beliau juga memiliki banyak prestasi dalam kekholifahannya diantaranya:
a.Pemberangkatan pasukan usamah bin zaid sesuai dengan pesan rasulallah. Banyak sahabat yang mengusulkan agar abu bakar membatalkan pemberangkatan pasukan usamah ini. Karena, terjadi tindakan murtad dari penduduk arab dan kemungkiinan adanya bahaya yang mengancam madinah. Namun, abu bakar tetap mengimplementasikan sesuai dengan perintah rasulallah. Hal ini dilakukan abu bakar sebagai usaha untuk menampakkan pada semua pihak bahwa kekuatan islam masih tetap kokoh dan sulit dikalahkan baik secara meterial maupun spiritual. Ternyata pasukan ini memetik kemenangan yang sangat gemilang, sehingga kemenangan ini telah membuat banyak orang kokoh berpeganh pada agama islam.
b.Perang melawan orang-orang murtad.
Setelah rasulallah wafat seluruh jazirah arab murtad dari agama islam keculi mekkah, madinah, thoif. Sebagian orang murtad ini kembali kepada kekufuran lamanya dan mengikuti orang-orang yang mengaku sebagai nabi dan sebagian yang lain tidak mau membayar zakat. Para sahabat menasehati abu bakar agar dia tidak memerangi mereka karena kondisi umat islam yang sangat sulit dan karena sebagian pasukan islam sedang diberangkatkan untuk berperang melawan tentara romawi yang dipimpin oleh usamah bi zaid. Namun, abu bakar menolak usulanmereka dia mengatakan sebuah perkataan yang sangat masyu, “ demi Allah, andaikan mereka tidak mau menyerahkan tali unta yang pernah mereka serahkan kepada rasulallah, pasti aku akan berjihat melawan mereka”.
c.Perang yamamah (11H/ 632M)
Abu bakar mengirimkan pasukan dibawah pimpinan hudzaifah bin muhsin, arjafah bin hutsamah dan ikrimah kepada penduduk amman, diba dan mahrah. Akhirnya penduduk ditempat itu pun tunduk berada dibawah naungan islam.
d.Penaklukan islam
Perang melawan orang-orang murtad berakhir. Namun, tidak ada pilihan lain kecuali melanjutkan jihad sedangkan musuh islam pada saat itu adalah persian dan romawi. Kondisi inilah yang memudahkan jihad kaum muslimin mereka menyerbu keduan kekaisaran secara bersamaan.
e.Penghimpunan Al Qur’an
Suatu kerja besar yang dilakukan pada masa pemerintahan abu bakar adalah penghimpunan Al Qur’an. Abu Bakar as sidiq memerintahkan kepada Zaid bin Tsabit untuk menghimpun Al Qur’an dari pelapah kurma, kulit binatang dan dari hafalan kaum muslim. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian Al Qur’an setelah sahitNya beberapa orang penghafal Al Qur’an pada perang yamamah.
2.Umar bin khotob
Khalifah umar mati syahid akibat sebuah konspirasi yang dirancang oleh musuh-musuh islam dari kalangan yahudi dan persia yang sangat membencinya karena umarlah yang menyebabkan lenyapnya kekuasaan dan pemerintahan mereka. Pada masa kepemimpinannya umar mempunyai beberapa prestasi antara lain:
a.khalifah umar adalah orang pertama yang menggelari dirinya sebagai amirul mu’minin.
b.Kholifah Umar adalah orang pertama yang membentuk kantor(kementerian). Seperti, kantor tentara, kantor distribusi, pengiriman surat melalui kurir dan membuat mata uang.
c.Kholifah umar adalah orang pertama yang membuat penanggalan islam dengan menjadikan awal hijrah rasulallah sebagai awalnya.
d. Kholifah umar juga melakukan perluasan masjidil haram.
KESIMPULAN
Proses pengangkatan kholifah abu bakar dengan cara demokratis yang diwakii oeh kaum muhajirin dan anshor.
Proses pengangkatan kholifah umar bin khotob atas dasar musyawarah pemimpin terpilih yaitu abu bakar dan para sahabatnya.
Gaya kepemimpinan Abu bakar lemah lembut namun demikian sebagai seorang pemimpin disaat tertentu dia bisa bersikap tegas.
Dalam keseharian sifat umar berbeda dengan abu bakar, bahkan bisa berkebalikan. Bila abu bakar pada dasarnya seorang yang lemah lembut, umar adalah seorang yang keras dan tegas.
Prestasi yang dicapai abu bakar antara lain:memberangkatkan pasukan usamah sesuai dengan pesan rasul,perang melawan orang-orang murtad,perang yamamah(memerangi orang yang mengaku sebagai nabi)
Prestasi yang dicapai Umar antara lain:khalifah umar adalah orang pertama yang menggelari dirinya sebagai amirul mu’minin,Kholifah Umar adalah orang pertama yang membentuk kantor(kementerian). Seperti, kantor tentara, kantor distribusi, pengiriman surat melalui kurir dan membuat mata uang,Kholifah umar adalah orang pertama yang membuat penanggalan islam dengan menjadikan awal hijrah rasulallah sebagai awalnya,Kholifah umar juga melakukan perluasan masjidil haram.
DAFTAR PUSTAKA
Al usairy, Ahmad, sejarah islam, (jakarta: akbar media eka sarana, 2003)
Badri, Yatim, sejarah peradaban islam, (jakarta:raja grafindo, 2006)
Juhan, Widda, sejarah peradapan islam, (ponorogo: stain press, 2010)
Rafiq , Choirul, sejarah peradapan islam (malang: umm press, 2004)
Sukarta, Abdullah,sejarah peradapan islam (jakarata: depag, 2000)
http://www.scribd.com/doc/30390221/Islam-Masa-Khalifah-Abu-Bakar
http: www.ust sarwat. com
http:// www.cybermq.com/pustaka/detail/150/kholifah-bani-umaiyah.masa kemajuan- islam
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-abu bakar.html
http:// tyapoenya.blogspot.com//2010/10/islam-masa- daulah –bani-umayyah.html

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus